Saturday 13 June 2015

Penulis Pemula: 5 Manfaat Membaca Yang Harus Anda Ketahui

Mengapa Anda perlu membaca banyak buku? Pertanyaan yang menarik ini membutuhkan jawaban yang menarik. Karena semakin sering orang membaca buku, semakin luas pula wawasan Anda.
Sejak kecil, kita dinasihatkan oleh guru agar kita rajin membaca. Bahkan saking pentingnya membaca, banyak orang yang menyebut bahwa buku adalah jendela dunia.
Mengapa kita harus membaca banyak buku?
Apakah supaya kita menjadi lebih tahu dari banyak orang?
Ya, membaca buku bisa menjadikan kita lebih tahu dari banyak orang.
Selain itu membaca buku juga, kita akan mendapatkan wawasan baru, mendapatkan pencerahan, menemukan solusi atas masalah kita, dan pastinya kita akan terinspirasi untuk menjadi orang yang lebih baik.
Adapun keuntungan membaca buku diantarnya adalah:
1. Memperluas Sudut Pandang dan Pemahaman

Cobalah Anda bayangkan jika seseorang membaca sebuah buku, lalu ia mendapatkan nasihat untuk tidak boleh mandi pakai air panas pada pagi hari. Akhirnya si orang tadi hanya mandi dengan air biasa yang terkadang amat dingin saat pagi hari sepanjang hidupnya, sekalipun ia sedang dalam keadaan sakit. Itulah akibat dari sedikitnya membaca buku.
Padahal belum tentu air panas tidak diperbolehkan pada pagi hari, bisa saja itu hanya sekedar opini.
Manfaat dari membaca banyak buku sendiri adalah sudut pandang kita akan menjadi luas. Kita bisa memandang dari berbagai sudut pandang, tidak hanya satu sudut pandang saja. 
2. Meningkatkan Kosakata
Anda bisa menggunakan buku untuk memperluas perbendaharaan kata di kamus otak. Bahkan, para peneliti memperkirakan kalau kita belajar sebanyak 5% sampai 15% dari semua kata yang kita tahu melalui membaca. Hal itu sangat penting bagi Anda yang ingin menulis karya. Karena kosakata yang Anda miliki secara langsung akan membuat karya-karya tulisan anda lebih berwarna.

3. Membangun Kepercayaan Diri


Semakin banyak buku yang Anda baca, semakin banyak pula pengetahuan yang Anda dapatkan. Dengan bertambahnya pengetahuan, Anda semakin bisa untuk percayaan diri. Jadi hal ini merupakan reaksi berantai. Karena Anda seorang pembaca yang baik, orang-orang akan mencari Anda untuk mengambil suatu jawaban. Perasaan Anda terhadap diri Anda sendiri juga akan semakin baik.
4. Meningkatkan Kretivitas
Membaca tentang bermacam-macaam kehidupan dapat membuka diri Anda terhadap ide dan informasi baru yang akan membantu perkembangan sisi kreatif pada otak Anda. Karena otak Anda perlahan akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berfikir Anda.

5.Membaca Dapat Meningkatkan Konsentrasi

Anda perlu fokus terhadap buku yang sedang Anda baca pada waktu yang cukup lama. Tidak seperti artikel majalah, internet atau email yang hanya berisi potongan informasi. Sebuah buku akan menceritakan keseluruhan cerita. Oleh sebab itu, Anda perlu berkonsentrasi dalam membaca. Semakin sering membaca semakin sering Anda berkonsentrasi. Sama seperti otot Anda saja, semakin dilatih maka semakin kuat. Dan akan menjadi lebih baik di dalam berkonsentrasi karena membaca.


Itulah 5 Manfaat Membaca Yang Harus Anda Ketahui. Ingat, semakin sering kita membaca, semakin luas pula wawasan kita. Don't forget it! :)

No comments:

Post a Comment