Saturday 13 June 2015

2 UNSUR Cara Membuat JUDUL Yang Menghipnosis Dan Menarik


Cara Membuat JUDUL Yang Menghipnosis Dan Menarik
Saya menegaskan, bahwa membuat judul tulisan itu sangat penting. Ketika Anda membaca sebuah berita di website portal berita, apa yang pertama anda baca? Tepat sekali, judul. Dengan judul itulah minat baca anda meningkat dan akhirnya membaca berita tersebut.

Begitu juga dengan tulisan Anda yang harus diberi judul. Sekarang, mana ada sebuah tulisan yang tidak berjudul? Semuanya memiliki judul. Judul bukan asal judul saja, tapi buatlah judul yang menarik bagi pembaca. Karena ada ribuan judul artikel/buku bahkan jutaan judul yang bersaing merebut perhatian pembaca. Namun tidak cukup judul yang menarik saja, tapi buatlah judul yang mengundang tanya. Judul yang membuat penasaran. Sehingga tidak sedikit orang yang membaca tulisan Anda. Sebab mereka sudah tertarik dan terlanjur penasaran oleh judul tulisan Anda.Yang mana kalau mereka tidak membaca tulisan anda, maka tidak akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan judul tadi.

Jadi cara membuat judul sebuah buku atau artikel yang menarik perhatian pembaca, kuncinya adalah:
  • Menarik
  • Membuat Penasaran
Jika kedua unsur tadi Anda gabungkan dalam pembuatan judul, maka anda akan menghasilkan judul yang menghipnosis (hipnosis yang diperbolehkan tentunya :) )  yang mana orang yang membacanya bukan malah tertidur, tapi malah terdorong untuk membaca artikel atau membeli buku Anda.

Nah, sekarang bagaimana cara membuat judul yang menghipnosis dan menarik?

Salah satu caranya adalah dengan membuat kalimat tanya seperti diatas, "bagaimana cara membuat judul yang menghipnosis dan menarik?" Ya, kalimat seperti ini bisa digunakan sebagai judul, karena mengandung dua kunci: menarik dan membuat penasaran.

Cara ini efektif membuat penasaran pembaca, karena mereka tidak akan menemukan jawaban atas pertanyaan judul tadi kecuali dengan membaca isinya. 

Nah, mulai sekarang buatlah judul pada artikel atau buku Anda yang mengandung kunci diatas. Dan kaidah dua unsur dalam menulis judul sifatnya umum, bisa dipakai untuk tema bacaan apa saja. 

Siap untuk menghipnosis seluruh pembaca Anda sekaligus membuat pembaca penasaran alias kepo berat dengan tulisan Anda?






No comments:

Post a Comment