Thursday 11 June 2015

7 Cara Penting Menulis Dengan Cepat Dan Mudah

Mungkin diantara kita ada yang pernah mengalami kebingungan. Bingung mau nulis apa. Nah, bagaimana caranya mengatasi kebingungan dalam menulis? Yuk kita bahas pelan-pelan.

Seperti yang saya ketahui (mungkin Anda tahu lebih), cara menulis dengan mudah dan cepat ada 7 cara. "Apa saja?" Nanti akan saya sebutkan satu-persatu. 

 "Apakah dengan mengikuti ketujuh cara diatas menjamin seseorang akan mudah dan cepat dalam menulis?" Ya, Dengan catatan Anda harus sering-sering melatihnya, sering mencobanya. Nah, ini dia ketujuh langkah agar mudah dan cepat dalam menulis. Baik itu menulis buku, skripsi bahkan artikel dalam sebuah blog.

7 Langkah Cara Menulis Dengan Mudah dan Cepat

1.Tetapkan Tujuan (Niat) Dalam Menulis Artikel/Buku/Artikel, Dll          Ingat, bahwa nilai dari kesuksesan sebuah proyek pekerjaan Anda, tergantung pada niat Anda. Kalau niatnya jelek, maka jeleklah semuanya. Namun jika niatn Anda bagus, maka itu sudah dicatat pahalanya sebelum anda melakukannya.

2. Menulislah Secara Rutin 
Menulis secara rutin juga secara tidak langsung akan menjawab pertanyaan: "Bagaimana mengatasi mood yang tidak menentu dalam menulis?" 

Mulai sekarang tetapkan waktu menulis anda, minimal 30 menit/hari. Boleh pagi, malam, siang, kapan saja. Dan menetapkan waktu itu harus jika Anda tidak ingin menulis dengan ketergantungan mood.

3. Berceritalah
Coba Anda bayangkan! kalau tiba-tiba ada Anda datang kerumah teman anda untuk menawarkan barang dagangan Anda. Kemudian Anda langsung menawarkan barang dagangannya tanpa basa-basi, pastilah teman anda itu merasa tidak tertarik. Tapi, cobalah untuk bercerita tentang barang dagangan Anda tersbut. 

Begitupula saat menulis. Anda hanya dituntut untuk bercerita, bercerita dan bercerita.

4. Ceritakan Langsung Ketujuan
Anda ingin menceritakan jualan Anda yang terjual hingga ke luar negeri, maka ceritakan langsung tentang hal itu. Jangan malah bercerita tentang anak sulung Anda yang lulus masuk TK.

5. Matikan Layar Monitor Anda
Mematikan monitor merupakan salah satu cara termudah untuk menulis cepat tanpa tergoda mengeditnya. Karena peraturan dalam menulis adalah hanya satu: menulislah dan jangan mengeditnya!

Lakukan editing pada sebuah artikel saat seluruh tulisan sudah tuntas ditulis.

6. Ceritakan Secara Singkat
Coba jawab! Anda lebih suka membaca surat Al-baqarah atau surat Al-ikhlas? Ya, kebanyakan kita menyukai yang singkat-singkat, bukan berarti harus singkat semuaanya. Namun upayakan tulisan Anda singkat. Jangan bertele-tele, sehingga anda bisa lebih cepat dalam menulis.

7. Tulislah Untuk Satu Orang
Artikel Anda dibaca banyak orang, namun mereka membacanya sendiri-sendiri. Nah, untuk membangun keakraban dengan pembaca, tulislah seakan-akan Anda menulis untuk satu orang. Baik itu teman, ayah, ibu isteri, atau siapapun yang dekat dengan Anda. 



Mulai sekarang setelah Anda membaca artikel ini yang akan anda lakukan adalah menulis dengan bercerita, langsung ketujuan langsung tidak bertele-tele, dan tulislah untuk satu orang.

Nah, itulah 7 langkah agar mudah dan cepat dalam menulis. Menulis apa saja. Jika ada yang bertanya, silahkan berkomentar. Saya senang sekali menjawabnya. Atau barangkali ada yang mau nambahin? Toh, nyatanya kita enggak ada yang sempurna. Hanya Allah-lah yang sempurna. Setuju?

No comments:

Post a Comment